Friday 18 January 2013

Polaroid



















tau polaroid nggak? mungkin kamera ini tidaklah secanggih kamera zaman sekarang, seperti DSLR, tapi, writer pengen ngasih beberapa hal tentang Kamera Polaroid dan How to Use It ;)

-check this out-


Kamera Polaroid atau lebih dikenal dengan kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan.

Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan film polacolor. Menurut sejarahnya, kamera polaroid atau kamera gambar seketika jadi ini dirancang untuk pertama kalinya oleh Edwin Land, dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak tahun 1947. 



Nama Polaroid itu sebetulnya adalah merek dagang, seperti orang menyebut semua pasta gigi dengan nama Pepsodent, atau orang menyebut sepeda motor dengan nama Honda.

Polaroid film adalah film yang ditemukan oleh Edwin Land. Menghasilkan foto dalam waktu singkat (dalam beberapa menit saja), tetapi tidak mempunyai negatif.
Jepretan pertama dengan menggunakan kamera polaroid dilakukan oleh Heriyanto, Farouk dan Gusti *satrio gusti madu wibowo stoo :D* pada tahun 1944, sedangkan jepretan pertama di muka bumi ini (dengan kamera yang ada pada saat itu) dilakukan oleh Niceephore Niepce yang memotret gudang di halaman belakang rumahnya di Prancis pada tahun 1826.


HOW TO USE

Menggunakan kamera polaroid Instax ini sangatlah mudah. Akan tetapi bagaimanapun juga, kamera ini sangat berbeda dengan kamera digital atau kamera DSLR pada umumnya. Berikut ini ada sedikit tips "how to use" kamera polaroid itu sendiri .

"bagaimana cara memasukkan refill film ke dalam kamera? Boleh diganti-ganti sesuka hati?"

Pertama-tama, perlu diperhatikan bahwa refill film kamera tidak boleh diganti-ganti sesuka hati, sebelum seluruh isi film tersebut habis dipakai. Contohnya, instax mini Mickey berisi 10 lembar film di setiap box nya. Apabila Kalian baru menggunakannya 2 lembar, Kalian tidak bisa menggantinya dengan film polaroid instax mini model lain, misalnya, Hello Kitty atau yang lainnya. Kalian harus menghabiskan 10 lembar film Mickey terlebih dahulu baru boleh menggantinya dengan Hello Kitty. Jika tidak, maka film Mickey Kalian yang letaknnya paling atas akan terbuang.

Berikut ini adalah cara memasangkan refill ke dalam kamera polaroid instax :



Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kalian menggunakan kamera Polaroid Instax :





Seringkali juga, hasil jepretan yang keluar berwarna hitam/gelap/tidak terang. Mengapa?


1. Hasil jepretan hitam/gelap dapat dipengaruhi beberapa hal seperti baterai, exposure mode, dan gelap/terangnya tempat kalian mengambil foto. Cek dahulu apakah baterai kalian masih berfungsi. Alangkah baiknya apabila kalian tidak akan menggunakan kamera polaroid instax Kalian dalam jangka waktu yang cukup lama, copotlah baterai dari kameranya.


2. Apabila baterai bukan sumber masalah, maka Kalian perlu memperhatikan exposure mode (khusus pengguna kamera polaroid instax mini 7s). Untuk pengambilan gambar di dalam ruangan, Kalian sebaiknya selalu set ke “HOME” exposure. Sedangkan untuk pengambilan gambar di luar ruangan, coba perkirakan exposure cahaya matahari pada saat itu. Kemudian sesuaikan dengan exposure kamera. Semakin terang cahaya matahari, pilihlah exposure mode dengan tingkat flash rendah. Sedangkan bagi pengguna tipe kamera polaroid instax mini 25s dan 50s, Kalian akan terbantu dengan kemampuan kamera itu sendiri yang mengatur cahaya, bahkan di tempat yang agak gelap sekalipun.




a-yoo!

sebenarnya kepengen punya, meskipun rada ribet dan kurang canggih secanggih kamera DSLR, entah mengapa sensasinya polaroid itu lebih menyenangkan :D gambar langsung jadi, sampe nunggu gambarnya terlihat jelas~

yoo, sekian postingan aneh pada malam hari ini
semoga bermanfaat :D



sumber:id.wikipedia.org dan polaroidku.com *terima kasih yah :D*

3 comments: